Minggu, 20 Oktober 2019

Pola Hidup Sehat




Penyakit kritis adalah sebuah penyakit yang tidak hanya menyakitkan, tetapi juga menelan biaya besar. Maka dari itu, segera jaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Hidup di era teknologi yang kian maju memang semakin memudahkan hidup, termasuk jika kita ingin mulai menjalankan pola hidup sehat. Setidaknya hal ada beberapa cara hidup sehat yang bisa dilakukan.
Berbicara mengenai pola hidup sehat tentu saja tidak akan terlepas dari pentingnya menjaga asupan makanan yang bernutrisi dan menjalankan olahraga secara konsisten. Kedua hal ini sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang stamina dan memperoleh hidup yang lebih sehat.
Sayangnya, menjalankan pola hidup sehat tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak di antara kita, khususnya kalangan ibu yang merasa kesulitan.
Umumnya, banyak diantara yang merasa kekurangan waktu, bingung menemukan tempat olahraga atau gym yang sesuai, termasuk kesulitan memanggil personal trainer untuk bisa berolahraga secara berkelompok bersama teman-teman. Di tambah lagi dengan kendala lain seperti rasa khawatir melakukan rangkaian atau gerakan olahraga dengan benar.
Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.
Tak jarang cara yang dilakukan menghabiskan banyak biaya dan bahkan juga tak jarang menabrak aneka norma dan logika. Tetapi sebenarnya menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit, bahkan juga kadangkala tidak memerlukan biaya sama sekali. Tetapi tentunya butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan yang hanya sedikit orang bisa untuk tetap konsisten menjalani. Berikut kami sajikan beberapa cara hidup sehat yang dapat dijadikan rujukan untuk tetap sehat dan senantiasa bahagia dalam menjalani hidup. Berikut paparannya.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Perbanyak minum air putih


Perbanyak minum air putih

Tahukah Anda bahwa sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kurang minum cukup air setiap hari? Ini tentu hal yang tidak baik sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh kita. Ini karena kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air kita. Sebuah penelitian menunjukkan jumlah air yang kita butuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor.
Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan, dan berat badan, tetapi umumnya kita perlu 2,7-3,7 liter asupan air. Jika muncul tanda2 seperti misalnya; urine berwarna atau agak kuning, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Segeralah minum air karena itu tanda-tanda yang muncul karena tubuh mulai kekurangan cairan.

2. Tidur dan beristirahatlah yang cukup

Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat. Ini sangat beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktifitas kembali dengan maksimal. Tetapi bila tidak beristirahat dengan baik, Anda bisa mengkompensasi dengan makan lebih banyak, tetapi ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Cukup istirahat dan tidur juga mencegah penuaan dini.

3.Berolahraga Teratur

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Jika tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga dan buka lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

4. Makan lebih banyak buah

Makanlah lebih banyak buah dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi yang selain menyehatkan juga rasanya dijamin enak.

5. Makan lebih banyak sayuran

Seperti halnya buah-buahan, sayuran penting untuk kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita setidaknya harus mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan / sayuran, setiap harinya. Kabar buruknya adalah kebanyakan orang kurang menyenangi untuk mengkonsumsi sayuran, dan ini tentu adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan kita.

6. Kurangi Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi atau bersoda memanglah memberi sensasi kesegaran yang mengagumkan. Terutama saat panas terik menyengat, anda serasa terjun bebas ke kolam penuh air yang menyegarkan seluruh tubuh anda. Itulah bayangan yang coba mempengaruhi penonton lewat iklan di tv. Agar anda melupakan pola hidup sehat dan menimbun gula penyebab kegemukan dalam minuman berkarbonasi.

7. Buang Jauh Kebiasaan Buruk 

Masing-masing orang tentu tahu beberapa kebiasaan jelek apa saja yang masih tetap dilakukan, demikian juga dengan anda. Berhenti merokok, minum alkohol, begadang tiap malam hingga mengkonsumsi makanan cepat saji.
Mulailah dengan mengurangi kebiasaan tidak baik anda dan jauhkan apabila anda mau menjalani pola hidup sehat.

8. Konsumsilah makanan sehat.

Ganti kalimat “saya harus” dengan “saya memilih” untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur serta buah secara teratur. Hal semacam ini merefleksikan kesadaran untuk hidup sehat karena menyadari manfaat dan resikonya apabila tidak menerapkan pola makan sehat. Membuat makanan sendiri yaitu satu diantara cara menjaga kesehatan serta kebersihan makanan.

9. Hindari Stress 

Stres adalah hal yg tidak terhindarkan. Tetapi anda bisa coba mengatasinya dengan merencanakan beberapa hal supaya tidak terabaikan, menyisihkan waktu untuk relaks serta melakukan hobi, dapat juga dengan yoga atau meditasi.
Tidak hanya itu, dengan mencatat beberapa momen yang layak anda syukuri membuat jiwa lebih tenang.

10. Biasakan Berpikir Positif

Otak adalah bagian paling utama dari tubuh manusia. Seluruh kegiatan akan dikoordinasikan lewat otak saat sebelum dilakukan oleh bagian tubuh. Pikiran positif akan menghindari anda dari stres, tingkatkan rasa percaya diri serta menjaga kinerja organ tubuh yang lain selalu maksimal.

11. Istirahat Yang Cukup

Istirahat cukup adalah kunci mendapatkan pikiran serta tubuh yang sehat. Tidak cuma bertujuan mengistirahatkan tubuh dan mengelola stres, manfaat tidur untuk kecantikan juga begitu nyata.
Hormon anti-penuaan yang dikenal sebagai DHEA sebenarnya diproduksi pada saat anda sedang tidur. Delapan jam yaitu waktu tidur yang optimal, tetapi bila anda bisa tidur hingga sembilan jam, itu lebih baik! Hormon anti-penuaan DHEA diproduksi tubuh pada saat tidur.
Pastikan dulu jam tidur Anda cukup, dengan membiasakan tidur serta bangun di saat yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik membantu anda untuk cepat tidur serta membantu tubuh untuk istirahat.
Pola hidup sehat akan sukses diterapkan bila berlandaskan kesadaran diri sendiri untuk meninggalkan kebiasaan jelek yang menyebabkan berbagai penyakit.
Jadikan juga pola hidup sehat sebagai kebiasaan anda setia hari supaya mendapatkan manfaat jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FILA CEWEK DAN ADIDAS SNEAKERS RUNNING

SILAHKAN CHAT KAMI UNTUK INFO PEMESANAN   WA : 085277226678    FILA CEWEK CANTIK       SIZE : 36, 37, 38, 39,40            VARI...