Kamis, 31 Oktober 2019

Manfaat Kratom Dan Efek Sampingnya



Kratom merupakan tanaman psikoaktif yang dimanfaatkan sebagi jamu dan ramuan medis tradisional di sejumlah wilayah Asia Tenggara sejak ribuan tahun silam. Kratom merupakan tanaman sejenis kopi (Rubiaceae) yang merupakan penghasil alkaloid penting seperti kafeina.
Tanaman kratom  bertumbuh sekitar 4-16 meter dan biasanya dimanfaatkan daunnya yang memiliki lebar lebih dari telapak tangan orang dewasa. Sejak dulu tanaman ini dikonsumsi oleh petani atau nelayan untuk meningkatka produktivitas kerja serja menjaga stamina dan menghilangkan rasa lelah saat bekerja. Biasanya daun kratom dikonsumsi dengan dikunyah secara langsung atau diseduh seperti meminum teh.
Dalam dosis rendah kratom dapat memberikan efek stimulan. Bahan aktif yang ada didalamnya adalah alkaloid mitraginin, dan 7-hydroxymitragynine yang terbukti memberikan efek analgesic, anti-inflamasi, atau pelemas otot sehingga kratom sering digunakan untuk meredakan gejala fibromyalgia. Fibromyalgia adalah intoleransi terhadap stres dan rasa sakit yang biasanya ditandai dengan nyeri pada tubuh, sulit tidur, dan kelelahan. merupakan tanaman yang popular di Kalimantan dan daratan Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thaliand, dan Myanmar. Kepopuleran kratom dikarenakan fungsinya yang bisa dijadikan obat.
Namun, jika kratom (Mitragyna speciosa) jenis tanaman dari keluarga Rubiaceae ini digunakan dalam dosis tinggi (sekitar 10 hingga 25 gram atau lebih), kratom dapat memberikan efek sedatif seperti narkotika. Bahkan Drug Enforcement Administration (DEA) mengatakan bahwa konsumsi kratom berlebih dapat menyebabkan gejala psikotik dan kecanduan psikologis.

Berikut ini adalah daftar khasiat daun kratom yang biasa digunakan sebagai obat herbal, yaitu:

1.Obat Stimulan

Manfaat daun kratom adalah sebagai obat stimulan bila dikonsumsi dalam dosis rendah.
Obat stimulan adalah obat untuk merangsang energi dan kewaspadaan. Menurut Pusat Pemantauan Obat dan Kecanduan Narkoba Eropa (EMCDDA), Orang yang mengkonsumsi daun kratom merasakan efek lebih waspada, berenergi, serta merasa nyaman dalam bersosialisasi di luar.
Efek kratom tersebut sudah dapat terasa setelah 10 menit mengkonsumsi daun kratom serta dapat bertahan selama 1 ½ jam. Efek kratom sebagai stimulan ini juga diikuti dengan rasa pusing dan koordinasi motorik yang terganggu.

2.Mengatasi Berbagai Kondisi Medis

Daun kratom Indonesia juga digunakan sebagai antipiretik atau obat penurun demam, antitusif atau obat pereda batuk, dan antihipertensi atau agen untuk menurunkan tekanan darah.
Manfaat daun kratom lainnya adalah sebagai obat herbal mengatasi diare secara tradisional, namun semua khasiat daun kratom ini hanyalah catatan anekdot dan belum ada uji klinis secara medis.

3.Pereda Rasa Sakit

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah melakukan studi bahwa daun kratom mengandung sifat opioid atau pereda rasa nyeri. Daun kratom juga mengandung lebih dari 20 alkaloid yang bermanfaat sebagai pereda rasa sakit.
Kandungan Mitragynine dalam daun kratom sebagai agonis reseptor kappa-opioid yang juga memiliki efek 13 kali lebih kuat dari morfin. Kandungan inilah yang berperan dan memberi efek seperti opioid, namun penggunaannya dalam dunia medis masih diteliti.

4.Agen Analgesik

Daun kratom memiliki kandungan aktif yaitu alkaloid mitragynine dan 7-hydroxymitragynine. Kedua bahan aktif ini memiliki efek sebagai obat analgesik atau pereda rasa sakit. Daun kratom ini juga berperan sebagai antiinflamasi serta relaksasi bagi otot.

5.Menghentikan Kecanduan Obat Opioid Lainnya

Manfaat daun kratom tidak hanya sebagai alternatif obat opioid, namun juga berfungsi untuk menghentikan gejala kecanduan dari heroin, morfin, dan obat opioid lainnya yang sebelumnya Anda konsumsi.
Daun kratom merupakan obat herbal dinilai lebih efektif dan aman untuk menghentikan kecanduan. Daun kratom dapat mencegah kecanduan obat opioid yang sebelumnya Anda konsumsi, namun konsumsi daun kratom dalam dosis yang tinggi malah dapat memberikan Anda efek kecanduan pada daun kratom tersebut.
Dalam dosis yang tepat, sebenarnya daun ini memiliki banyak manfaat. Namun belakangan ini sangat banyak yang menyalah gunakan daun kratom sebagai pengganti narkotika. Hal ini tentunya sangat berbahaya apabila kamu tidak mengetahui dosis dalam mengkonsumsi daun ini. 
Berikut ini adalah bahaya mengkonsumsi daun kratom secara berlebihan agar kamu dapat menghindarinya.

1. Dapat Menyebabkan Overdosis

Mengkonsumsi daun kratom secara berlebihan dapat menyebabkan kamu mengalami overdosis. Bahkan hal ini dapat memicu kematian. Maka dari itu perlu berhati hati dalam mengkonsumsi tanaman jenis ini. Kamu dapat bertanya dengan ahlinya agar tidak mengalami overdosis.

2. Dapat Menyebabkan Kecanduan

Daun kratom juga memiliki sifat yang mampu untuk membuat penggunanya kecanduan. Seperti selayaknya narkotika , daun kratom apabila dikonsumsi secara berlebihan akan membuat kamu sulit untuk berhenti mengkonsumsinya. Apabila kamu mengalami gejala seperti kecanduan sebaiknya segera periksakan diri kamu kedokter.

3. Dapat Menyebabkan Insomnia

Efek lainnya dari penyalah gunaan daun kratom yaitu dapat menyebabkan insomnia akut. Insomnia atau gangguan tidur pada seseorang sehingga yang bersangkutan sangat sulit untuk tidur dimalam hari. Hal ini akan berakibat fatal apabila dibiarkan terlalu lama. Kurangnya waktu istirahat seseorang akan menyebabkan menurunya kekebalan tubuh sehingga sangat mudah untuk terserang penyakit berbahaya.

4. Dapat Menyebabkan Paranoid

Karena daun kratom memiliki sifat yang mirip dengan narkotika apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. Maka permasalahan paranoid juga akan muncul kepada penggunanya. Seperti kebanyakan kasus seseoranga yang menggunakan narkotika , kebanyakan dari mereka mengalami paranoid sehingga selalu merasa resah dan gelisah.

5. Dapat Menyebabkan Berkurangnya Nafsu Makan

Efek lainnya dari penggunaan daun kratom yang berlebihan adalah berkurangnya nafsu makan. Apabila kamu mengalami penurunan nafsu makan akibat mengkonsumsi daun kratom. Maka kamu perlu segera memeriksakannya ke dokter.
Penggunaan daun kratom dalam dosis yang tepat sebenarnya memberikan begitu banyak manfaat bagi tubuh kamu. Namun apabila kamu menggunakannya dalam jumlah besar, hal ini akan menimbulkan beberapa efek samping seperti yang telah sama sama kita bahas diatas.
Daun kratom dapat dikonsumsi dengan cara dikunyah, direbus, ataupun di esktrak menjadi pil maupun suplemen. Yang perlu kamu perhatikan adalah dosis penggunaan. Sebaiknya kamu terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter maupun ahli dalam bidang medis sebelum melakukan pengobatan herbal menggunakan daun kratom.
Efek samping daun kratom lainnya, yaitu:
  • Mual dan muntah
  • Lidah mati rasa
  • Sembelit
  • Masalah tiroid
  • Sesak napas
  • Kerusakan hati
  • Pembengkakan otak
  • Kejang
  • Kematian
Penggunaan daun kratom telah dicekal di beberapa negara. Penyebabnya adalah masalah keamanan dan kekhawatiran akan gejala psikotik dan kecanduan psikologis yang mungkin ditimbulkan serta disalahgunakan sebagai narkoba bila dikonsumsi dalam dosis yang tinggi dan dalam jangka waktu yang sering.
Anda dianjurkan untuk tetap berhati-hati dan waspada sebelum Anda mengkonsumsi daun kratom demi menghindari efek samping dan kondisi lainnya yang mungkin terjadi, serta tidak menyalahgunakan tumbuhan herbal kratom ini sebagai narkoba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FILA CEWEK DAN ADIDAS SNEAKERS RUNNING

SILAHKAN CHAT KAMI UNTUK INFO PEMESANAN   WA : 085277226678    FILA CEWEK CANTIK       SIZE : 36, 37, 38, 39,40            VARI...