Kamis, 31 Oktober 2019

Kenali Tanaman Beracun Disekitar Kita




Menghadirkan suasana hunian yang segar dan sejuk salah satunya dapat dilakukan dengan cara meletakkan tanaman hias. Kita dapat meletakkan tanaman hias di dalam maupun di luar rumah. Warna-warni tanaman hias yang cantik selain dapat membuat rumah semakin sejuk juga akan menambah aksen semarak pada rumah dan energi positif bagi penghuni rumah. Tapi tidak semua tanaman yang berada disekitar kita itu aman bagi manusia, karena ada jenis tanaman tertentu bahkan sebagiain dari tanaman tersebut merupakan tanaman hias yang memiliki keindahan tersendiri namun mengandung kadar racun yang sangat bahaya bagi kesehatan manusia.
Pada dasarnya setiap tumbuhan yang ada di sekitar kita itu beracun. Perbedaan tanaman beracun dan tidak terletak pada kadar racunnya, ada yang aman untuk dikonsumsi dan ada pula yang tidak aman untuk dikonsumsi.
Sangat penting untuk mengetahui tanaman mana yang berbahaya dan mana yang tidak karena tidak semua tanaman yang ada di sekitar kita aman dikonsumsi.
Cara yang paling mudah untuk mengenali tanaman beracun adalah dengan cara memerhatikan tingkah hewan terhadap tanaman tersebut.  Setiap hewan diciptakan dengan naluri alami untuk melindungi diri yang sangat kuat, termasuk dari tanaman beracun. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan naluri hewan untuk mengetahui apakah tanaman tersebut berbahaya atau tidak. Apabila hewan mendekati dan memakan tanaman tersebut, berarti ia tidak beracun dan aman untuk dikonsumsi. Jadi, bisa dipastikan jenis tanaman yang dikonsumsi oleh hewan tidak beracun.
Cara lainnya untuk mengenali tanaman beracun yaitu  memiliki aroma menyengat yang tidak sedap dicium. Efek dari aroma tidak sedap dari tanaman beracun bisa membuat pusing, mual, hingga tak enak badan.
Jika menemukan tanaman yang mengeluarkan aroma menyengat dan tidak mengenakkan, segeralah hindari karena kemungkinan besar ia beracun. Selain dengan memperhatikan hewan dan mencium aromanya, kita bisa mengetahui tanaman itu beracun atau tidak dari warnanya. Tanaman dengan warna-warna mencolok seperti merah, kuning, biru atau jingga memang menarik dipandang, tapi ternyata itu bisa jadi pertanda bahaya.
Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang beracun termasuk sebagian darinya adalah jenis tanaman hias yang sering kita jumpai di sekitar kita :

1. Foxglove (Digitalis Purpurea)

Tanaman hias ini bentuknya unik, seperti lonceng dengan warna cerah nan cantik. Tapi dibalik rupanya yang cantik, foxglove merupakan salah satu jenis tanaman hias beracun. Seluruh bagain dari tanaman hias ini mengandung glikosida, zat kompleks pada tanaman yang mengandung gula. Glikosida dapat menyebabkan beberapa reaksi keracunan seperti mual, muntah, diare, sakit perut, halusinasi, sakit kepala, hingga delirium. Ciri-ciri orang yang keracunan jenis tanaman hias ini mempunyai denyut nadi yang lemah, tremor, kejang-kejang dan bahkan dapat menyebabkan gangguan irama jantung yang mematikan.

2. Tanaman Jarak (Ricinus Communis)


Pohon Jarak sudah terkenal di seluruh dunia sebagai pohon dengan dengan kandungan racun yang sangat berbahaya. karena kandungan yang ada pada bagian biji buah jarak memiliki zat Ricin, yaitu sejenis zat beracun yang mematikan sehingga dia diberi nama ilmiah Ricinus Communis  
Bagian paling beracun dari pohon Jarak terletak pada bijinya yang apabila sampai termakan bisa menyebabkan kematian.
Meskipun begitu, bagian daun dan getah pohon Jarak sering dimanfaatkan sebagai ramuan obat tradisional.

3. Wisteria



Tanaman hias berwarna ungu lavender ini berasal sangat terkenal di Cina dan Jepang. Namun siapa sangka, jenis tanaman hias ini memiliki racun pada setiap bagiannya, terutama pada biji yang diproduksinya. Seluruh bagian tanaman hias ini mengandung senyawa saponin yang apabila tertelan, dapat menyebabkan pusing, kebingungan, mual, muntah, sakit perut, diare dan yang terparah pingsan.

4. Bunga Oleander

Jika diperhatikan, sebetulnya bunga Oleander ini adalah tanaman cantik dengan bunga berwarna merah muda. Sayangnya, di balik warna cantiknya ternyata bunga ini memiliki racun yang sangat mematikan. Oleander juga dikenal dengan bunga jepun dengan nama ilmiah Nerium oleander, bunga Jepun adalah spesies bunga tropis yang dikenal dengan tampilan kelopaknya yang cantik dan memikat ini ternyata memproduksi getah yang mengandung racun.
beberapa racun yang terkandung di setiap bagian di dalamnya antara lain adalah ardiac glycosides, saponins, dan digitoxigenin oleandrin.

5. Angels Trumpet (Kecubung)
Tumbuhan yang satu ini sudah tidak asing lagi dalam khazanah dunia perracunan di Indonesia, bahkan sering disalahgunakan sebagai zat psikotropika alami.
Pohon kecubung yang tumbuh di Indonesia memiliki jenis Datura Metel dan diketahui masih sekerabat dengan tanaman bunga lonceng.
Secara tradisional, sebetulnya bagian-bagian pohon kecubung sering digunakan sebagai obat untuk penyakit seperti asma, reumatik, pegal linu, hingga bisul.

Sayangnya, bila tak diolah dengan tepat, racun bernama risin pada kecubung sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.
Tanaman hias yang memiliki bunga cantik ini juga mengandung zat hallucinogen yang beracun. Zat ini dapat membuat seseorang mengalami halusinasi, karenanya tanaman hias ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis narkotika. Tanaman hias ini mengandung senyawa atropine, hyoscyamine, dan scopolamine yang diklasifikasikan sebagai senyawa penghilang kesadaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FILA CEWEK DAN ADIDAS SNEAKERS RUNNING

SILAHKAN CHAT KAMI UNTUK INFO PEMESANAN   WA : 085277226678    FILA CEWEK CANTIK       SIZE : 36, 37, 38, 39,40            VARI...